Inilah Penyebab Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya

By | Juni 21, 2019

Bagi pengguna wifi aktif, tentu pernah mengalami lambatnya koneksi jaringan internet. wifi lemot akan sangat mengganggu, terutama jika Anda bekerja dengan jaringan internet. Pada dasarnya, ada cukup banyak alasan kenapa koneksi wifi menjadi lemot. Begitu juga dengan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lemot

Agar Anda bisa mengatasi wifi yang lemot, pahami alasannya terlebih dahulu. Nah, berikut akan kami ulas beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Kabel LAN Terputus

Cobalah Anda cek terlebih dahulu kabel LAN yang terdapat pada router Wifi. Pastikan kabel LAN terpasang dengan benar. Karena, kemungkinan lemotnya koneksi Wifi terjadi karena kabel yang tidak terpasang dengan benar.

Jika Anda kurang paham bagaimana cara membenarkan kabel LAN, alangkah baiknya menghubungi provider bersangkutan.

Wifi Belum Diaktifkan

Kelalaian terkadang menjadi salah satu penyebab kenapa jaringan Wifi Anda lemot. Salah satunya karena Wifi belum diaktifkan. Ceklah terlebih dahulu ponsel atau laptop Anda. Lihatlah apakah jaringan Wifi pada gadget tersebut aktif atau tidak.

Jadi, periksalah terlebih dahulu jaringan Wifi Anda. Apakah sudah diaktifkan ataukah belum. Jika belum, maka aktifkalah terlebih dahulu.

Jaringan Internet Bermasalah

Jika Wifi masih tetap lemot, cobalah periksa kecepatan internet. Caranya cukup mudah, sambungkan kabel Ethernet pada PC atau laptop. Cobalah online dengan kabel tersebut, lalu cek kecepatan internet secara online melelaui beberapa situs seperti Speedtest.net, Indihome Speedtest, dan masih banyak lainnya.

Jika masih belum konek, kemungkinan besar permasalahan terjadi karena provider penyedia Wifi.

Router Wifi Diletakkan di Ruang Tertutup

Meletakkan router Wifi, memang disarankan untuk ditempatkan di dalam kamar. Namun, perhatikanlah ruang kamar yang digunakan untuk tempat menyimpannya. Jika Anda menempatkannya di ruangan gelap dan tertutup, justru akan menghambat sinyalnya.

Memang, menempatkan router di tempat tertutup dapat meningkatkan kecepatan akses internet. Tapi, jika Anda keluar ruangan, maka sinyalnya akan lemot parah.

Menempatkan Router Terlalu Jauh

Router Wifi yang Anda gunakan memiliki kapasitas jangkauan tertentu. Maka, letakanlah tidak terlalu jauh agar mudah mengaksesnya. Tempatkanlah di tempat-tempat strategis di rumah Anda.

Letakan di tempat yang sering Anda tempati untuk mengakses internet. Jika biasa mengaksesnya di ruang tamu, maka tempatkanlah routerĀ  di tempat tersebut. Begitu juga dengan tempat-tempat lainnya.

Menempatkan Router di Lantai

Lantai adalah salah satu tempat yang salah untuk meletakkan router. Karena, router sama halnya seperti antenna televisi. Jika meletakannya pada posisi rendah, maka sinyal yang ditangkap akan kurang maksimal. Jadi, sangat tidak disarankan meletakannya di lantai.

Router Diletakkan Dekat dengan Barang Elektronik Lainnya

Meletakkan router Wifi didekat barang-barang elektronik bisa menjadi salah satu faktor penyebab lemot. Karena, beberapa barang elektronik dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang mengacaukan sinyal internet pada router.

Maka dari itu, letakkan router berjauhan dari barang elektronik yang lain. Seperti ponsel, microwave, TV, dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Wifi Banyak yang Menggunakan

Selama masih dalam jangkauan router, Wifi bisa digunakan oleh siapa saja. Banyaknya yang mengakses Wifi bisa menjadi penyebab yang umum. Terlebih jika Anda menggunakannya di tempat umum.

Jika permasalahannya terlalu banyak pengguna, maka tidak ada cara lain untuk menunggu pengguna lain selesai.

Nah, itulah beberapa penyebab Wifi lemot dan cara mengatasinya. Dari penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini Anda akan paham bagaimana cara mengatasinya dengan mudah dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *