8 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

By | Juni 19, 2019

Aplikasi WA atau WhatsApp, tidak hanya berfungsi untuk chat saja. Tetapi lebih dahsyat dari itu, WA juga bisa digunakan sebagai alat Video Call. Walaupun begitu, ternyata banyak pengguna yang kesulitan mengakses Video Call WA. Bahkan ada kasus yang mana fitur ini tidak bisa dibuka sama sekali. Maka dari itu, diperlukan cara mengatasi WhatsApp Tidak bisa Video Call.

WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Sejatinya kapasitas dan kekuatan WhatsApp sangat bagus. Apalagi kalau hanya digunakan untuk Video Call. Maka dari itu, amat sulit kiranya kalau penyebab masalah Video Call ini akibat fitur dari bawaan aplikasinya.

WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Faktanya, tidak semua orang bisa menggunakan fitur ini secara maksimal. Padahal, jaringan internet super cepat, streaming juga tidak tersendat-sendat. Nah, dalam kondisi ini, Anda jangan panik, karena berikut beberapa tips untuk mengatasinya, yaitu :

1. Update Sistem Android

Cara yang pertama adalah update sistem android Anda. Tujuannya adalah mengganti bug versi lama yang tidak sesuai dengan aplikasi anyar kaliber WhatsApp. Karena pelancar sistem ini (bug) juga berpengaruh pada kelancaran aplikasi.

Walaupun begitu, Anda harus berhati-hati ketika melakukan update. Karena tidak semua perangkat melakukan update secara otomatis melainkan harus menggunakan setting secara manual.

2. Pastikan Jaringan Internet Kuat

Untuk bisa menggunakan fitur Video Call dengan WhatsApp, jaringan internet harus kuat dan stabil. Karena nantinya signal ini memengaruhi keseimbangan gambar dengan audio yang dimunculkan. Maka dari itu, jika jaringan sedang down, coba restart HP sebentar lalu hidupkan kembali.

3. Mati dan Nyalakan Kembali Smartphone

Seharusnya dengan dilakukan restart, Video Call WhatsApp sudah bisa digunakan kembali. Namun, jika masih belum on juga, coba terapkan cara berikutnya yaitu off on perangkat.

Caranya adalah matikan power smartphone lanjutkan dengan mengeluarkan semua perangkat seperti baterai dan memory. Pasca 3 menit, pasang dan hidupkan kembali smartphone Anda.

4. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa Video Call selanjutnya adalah lakukan instal ulang pada aplikasi. Cara ini bertujuan untuk menghapus instalasi WA lama yang mungkin sistemnya sedang rusak atau error.

5. Unduh Aplikasi Xposed

Aplikasi Xposed merupakan software yang bisa mengembalikan kinerja WA termasuk Video Call yang tidak bisa diakses. Cara menggunakannya adalah :

  • Unduh Aplikasi di Google Play Store
  • Open App
  • Klik fitur Apps
  • Jelajah WhatsApp
  • Cari tulisan Take Pictures and Video
  • Ubah Menjadi Warna Merah
  • Selesai

Baca juga : Cara Membuat Link Whatsapp Di Facebook Dengan Mudah

6. Problem Pada HP Lawan Bicara

Penyebab WhatsApp tidak bisa video call tidak hanya terletak pada perangkat Anda saja. Hp lawan bicara juga ikut memengaruhinya. Maka dari itu, pastikan teman Anda tersebut juga menggunakan aplikasi WA terbaru dan jaringan internetnya super lancar.

7. Update Aplikasi WhatsApp

Update aplikasi WA juga bisa menjadi penolong manakala Anda tidak bisa melakukan Video Call di sana. Maka dari itu, selalu centang update WA otomatis sehingga Anda tidak lupa untuk melakukannya. Secara manual juga bisa, yaitu dengan klik oke ketika ada notifikasi update aplikasi.

8. Reset Ponsel ke Mode Pabrik

Cara mengatasi WA tidak bisa Video Call yang terakhir adalah reset ponsel ke mode pabrik. Namun, cara ini bisa menghilangkan semua data yang ada dalam perangkat. Maka dari itu, back up semuanya sebelum reset dilakukan.

Demikian beberapa cara mengatasi WhatsApp tidak bisa Video Call. Dengan cara ini, Anda bisa kembali chatting anda video  layaknya berkomunikasi secara offline. Padahal rekan Anda berada di tempat yang jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *