Mudah dan Cepat, Ini Cara Scan Dokumen Dengan HP Android

By | Juli 9, 2019

Sebagian orang munkgin masih kesulitan bagaimana cara melakukan scan dokumen atau gambar langsung dari HP. Sebenarnya, cara scan dokumen dengan HP sangatlah mudah. Terlebih, saat ini ada cukup banyak aplikasi yang bisa membantu melakukannya.

Biasanya, scan dilakukan dengan menggunakan alat seperti printer scanner. Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang kian modern, kini bisa dilakukan hanya dengan smartphone. Anda bisa mengubah file dari hardcopy menjadi softcopy yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Kelebihan Scan Dokumen Menggunakan Android

Scan dokumen menggunakan Android akan sangat membantu Anda. Terutama pada saat keadaan yang sangat mendesak. Selain Android, Anda pun bisa melakukan pada HP lain asalkan memiliki spesifikasi minimum untuk melakukan scan.

Mengirim scan kini bisa dilakukan kapan saja. Contohnya, ketika ingin mengirim dokumen penting, tapi belum sempat untuk ke tempat fotocopy atau percetakan. Maka, smartphone Android bisa menjadi solusi alternatif.

Android bisa membuat softcopy dokumen dengan format PDF. Hanya bermodalkan smartphone, kini Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan scan.

Di Android, kini telah tersedia cukup banyak aplikasi untuk melakukan scan PDF. Fungsinya adalah untuk melakukan scan dokumen. Selain aplikasi, bagi yang tidak ingin menambah beban RAM pada smartphone, scan bisa juga dilakukan dengan bantuan kamera dan aplikasi Drive.

Cara Scan Dokumen Tanpa Bantuan Aplikasi Android

Jika Anda tidak ingin memasang aplikasi scan dokumen dengan alasan tertentu, bisa menggunakan trik ini. Pertama, buka aplikasi Drive terlebih dahulu. Kemudian, pilih “New” berupa icon dengan tanda “+” di bagian bawah. Setelah itu, pilih “Pindai” yang berbentuk logo kamera. Kemudian ambil file dengan cara memfotonya.

Baca juga : Lupa Pola Hp? Ini Cara Mengatasinya

Arahkan kamera kepada file yang akan diambil. Jika sudah sudah merasa mendapatkan hasil terbaik, maka tinggal langsung menekan tombol “shoot” kamera. Gambar yang telah Anda dapatkan bisa diedit dengan memanfaatkan beberapa fitur seperti :

Fitur Crop: Berfungsi untuk memotong bagian tertentu sesuai dengan yang diinginkan dari hasil foto tadi.

Fitur Color Palate: Fitur ini digunakan untuk mewarnai hasil foto tadi. Terdapat beberapa pilihan menu, seperti none, black &white, color drowing, dan color. Pilihlah mana yang paling cocok untuk Anda.

Fitur Menu: Di dalam menu, Anda bisa memanfaatkan beberapa pilihan seperti rename, rotation, pengaturan, dan delete page.

Cara Scan Dokumen Menggunakan Aplikasi Android

Aplikasi scan dokumen adalah solusi paling instan dan cepat. Saat ini sudah cukup banyak aplikasi perkantoran yang keren dan populer. Nah, untuk mempermudah Anda melakukan scan dokumen dengan HP, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini :

Aplikasi CamScanner

CamScanner adalah aplikasi yang mudah digunakan. Fungsinya untuk mempermudah kita dalam melakukan scan dokumen fisik. Anda bisa mengubah file yang di-scan tersebut ke dalam bentuk file JPEG, PDF, doc, dan lainnya.

Aplikasi Genius Scan: PDF Scanner

Genius Scan adalah aplikasi yang dapat mempermudah Anda untuk melakukan scan banyak dokumen sekaligus. Contohnya jenis file PDF atau JPEG yang dijadikan multiple pages. Kini, Anda tidak perlu repot lagi meng-insert satu per satu dokumen dengan menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Docufy Scanner

Docufi adalah aplikasi dengan beragam fitur menarik. Sebagai aplikasi scanner Android, fiturnya cukup lengkap, mulai dari fax, enhance, scan, konversi file JPEG ke PDF, mengonversi file ke PDF, dan lainnya.

Itulah cara-cara melakukan scan dokumen dengan HP. Dari kesimpulan di atas, Anda bisa melakukannya menggunakan aplikasi atau tidak menggunakan aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *