Produk Kerajinan Tekstil dengan Pembahasan Lengkap

By | Juni 26, 2018

Produk kerajinan tekstil – Kerajinan tekstil merupakan sebuah hasil cipta dan karya ciptaan manusia yang memiliki nilai estetik, yang diwujudkan dalam bentuk benda melalui proses kreatif dengan menggunakan bahan utama dari tekstil.

Ada banyak sekali produk hasil dari kerajinan tekstil yang dapat kita temui di sekitar kita. Seperti hiasan dinding, sarung bantal, kursi, bed cover, taplak meja, tas, dll. Produk-produk kerajinan tekstil tersebut dibuat dengan teknik yang berbeda-beda dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda pula.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis produk tekstil dan pembuatannya, pelajarilah uraian berikut dengan seksama.

Produk Kerajinan Tekstil Lengkap

A. Mengenal Produk Kerajinan Tekstil


Semakin banyaknya produk kerajinan dari bahan tekstil yang berkembang di indonesia. Apalagi sekarang indonesia disebut juga negara tekstil, karena banyak warga indonesia membuat bahan kerajinan tekstil ini.


Kini indonesia sudah banyak mengekspor hasil tekstilnya ke luar negeri. Hal ini tentu menjadi kebanggaan kita sebagai Warga Negara Indonesia.


Adapun sekarang ada beberapa sekolah kejuruan yang ada jurusan spesifiknya mengenai pengertian, jenis, bentuk, fungsi bahkan karakteristik dari kerajinan tekstil ini.


Dari segi bentuk produknya, indonesialah nomor satunya. Dengan berbagai bentuk produk dan karakteristik setiap kerajinan tekstil yang telah dibuat ini membuat kerajinan ini menjadi sangat menarik. Tetapi bagi yang ingin belajar mengenai tekstil. Jangan khawatir. Simak baik -baik ulasan berikut ini.


Baca selengkapnya>>>


B. Desain Produk dan Pengemasan Produk Kerajinan Tekstil


Kali ini saya akan membahas materi tentang desain tekstil yaitu mengenai produk kerajinan tekstil dan pengemasannya.


Sebelumnya saya sudah pernah memposting mengenai pengertian kerajinan tekstil, jenis desain, karakteristik kerajinan tekstil dan aneka karya kerajinan tekstil yang sudah saya bahas dengan lengkap.


Desain produk dan pengemasan produk kerajinan tekstil


1. Desain Produk

Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni akan terwujud secara maksimal apabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan tekstil.


Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni. Desain sendiri berasal dari kata design (bahasa inggris) yang berarti model atau pola.


Dalam ruang lingkup seni rupa, kata desain mengandung makna sebagai rancangan suatu karya seni rupa dalam bentuk yang sederhana dari bentuk aslinya. Sebuah desain atau rancangan karya dapat berupa gambar ( dua dimensi) dan dapat berupa bentuk tiga dimensi kecil (miniatur).


Dimana didalamnya mengandung elemen-elemen antara lain garis, bentuk, tekstur, ruang, ukuran, nilai, dan warna. Desain dapat diterapkan pada berbagai benda yang ada dilingkungan kita. Sebuah desain tentunya akan menjadi sebuah citraan dari karya tekstil yang akan diwujudkan.


Baca selengkapnya>>>



C. Sumber Daya Usaha Kerajinan Tekstil


Ketika kita membicarakan sumber daya usaha kerajinan tekstil pasti akan berhubungan dengan manajemen.


Manajemen dapat diartikan sebagai usaha mengoordinasikan semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.


Hal yang diatur dalam manajemen adalah keterkaitan semua unsur yang ada di dalamnya. Unsur tersebut sering disingkat 6M, yakni man, money, methods, materials, machine, dan market.


Baca selengkapnya>>>


D. Desain Proses Produksi Kerajinan Tekstil


Dalam KBBI, produksi dimaknai sebagai proses mengeluarkan hasil; penghasilan. Sedangkan proses dapat diartikan sebagai suatu cara, metode, dan teknik bagaimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan dan dana) yang ada diubah untuk memperoleh suatu hasil.


Sehingga proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.


Ketika melakukan proses produksi tentunya kita membutuhkan bahan dan alat. Bahan dan alat yang diperlukan dalam membuatnya antara lain.


Baca selengkapnya>>>



E. Konsep Kewirausahaan


Kewirausahaan berasal dari istilah entrepreneurship, sedangkan wirausaha berasal dari kata entrepreneur yang berarti “bertanggung jawab”.

Agar lebih jelas, dibawah ini diuraikan beberapa pengertian kewirausahaan dan wirausaha.

  1. Kewirausahaan adalah mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha meningkatkan hasil karyanya dalam arti meningkatkan penghasilan.
  2. Kewirausahaan adalah suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalian (Robin,1996)
  3. Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal jasa dan risiko, serta menerima balas jasa, kepuasan, dan kebebasan pribadi.

Baca selengkapnya>>>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *