4 Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Jebol

By | Juni 13, 2019

Menghemat kuota internet – Internet kini dibutuhkan oleh semua orang tanpa kenal batas usia, jenis kelamin, profesi, dan lain sebagainya. Karena internet kini telah menjadi kebutuhan, maka ketersediaan kuota internet juga harus senantiasa diperhatikan.

Pemakaian internet yang melampaui batas wajar atau jebol kadang membuat orang menjadi boros untuk terus membeli paket internet. Jadi, simak tips menghemat kuota internet berikut ini untuk tahu bagaimana cara mengakalinya.

Cara Menghemat Kuota Internet

Untuk pengguna internet kelas menengah ke bawah, tips menghemat kuota internet ini sangat dibutuhkan. Alasannya tentu agar tetap bisa merasakan berselancar di dunia maya dengan bebas. Biasanya akses ke situs, aplikasi, atau media sosial yang memakan banyak kuota seperti Instagram atau Youtube akan cepat menghabiskan kuota internet karena adanya banyak grafis. Maka dari itu agar kuota tidak jebol, simak tips hemat kuota berikut ini degan sekasama.

Jangan Akses Situs atau Aplikasi yang Boros Kuota

Seperti yang sudah disinggung di atas, penggunaan internet untuk media sosial atau aplikasi seperti Instagram atau Youtube akan menguras kuota kita. Sebisa mungkin juga minimalisir mengakses situs-situs yang mengandung banyak konten grafis karena biasanya akan menyebabkan nge-lag.

Makanya, gunakanlah kuota internet dengan wajar dan seperlunya saja. Jika tidak, maka bisa dipastikan kuota internet yang kita miliki akan habis dalam waktu singkat.

Kunjungilah Tempat-tempat Ber-Wifi

Hematlah kuota Anda dengan cara mendatangi tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis. Misalnya di kafe, mall, tempat-tempat umum, dan lain sebagainya. Karena dengan memakai wifi, akses internet yang kita lakukan akan semakin tidak terbatas.

Entah seberapa sering aplikasi atau situs dengan banyak grafis yang dikunjungi, hal tersebut tidak akan mengurangi kuota internet di hp. Tapi pastikan Anda telah mematikan data internet di hp atau gadget Anda.

Siasati dengan Memakai Kuota Malam

Banyak operator seluler yang menyediakan paketan malam dengan kuota yang melimpah. Namun, biasanya masa aksesnya terbatas seperti dari jam 00.00 – 06.00 atau 01.00 – 12.00 dan lain sebagainya.

Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengakses internet sepuasnya di jam-jam yang telah ditentukan oleh masing-masing operator seluler. Kuota ini juga bisa Anda manfaatkan untuk akses Instagram, Youtube, atau bahkan mendownload film.

Gunakan Kuota Internet Unlimited

Cara selanjutnya yang bisa Anda praktekkan untuk menghemat kuota internet ialah dengan menggunakan paketan unlimited alias tanpa batas. Jadi, Anda bisa mengakses situs, aplikasi, atau media sosial apapun sesuka hati Anda.

Cara ini tidak sama dengan sistem kuota malam karena paket internet unlimited tidak berbatas waktu untuk mengaksesnya. Tapi biasanya paket ini juga harus diperbaharui lagi setelah pemakaian satu bulan lamanya. Hal tersebut wajar karena tiap operator seluler memiliki standard pemakaiannya masing-masing. Jadi, dalam waktu satu bulan atau lebih itu Anda tetap bisa mengakses internet sepuasnya.

Namun selepas waktu yang telah ditentukan selesai, Anda harus kembali membeli paket internet unlimited yang baru. Jangan khawatir kehabisan kuota internet karena beberapa provider memang khusus menyediakan kuota unlimited untuk kepuasan pelanggannya.

Nah itu dia tips menghemat kuota internet agar tidak jebol. Karena jika kuota internet Anda cepat habis dalam waktu yang tidak seharusnya, maka pengeluaran yang bukan pada masanya pun akan bertambah.

Jadi, gunakanlah internet dengan seperlunya dan sewajarnya saja jika ingin berhemat. Temukan juga operator seluler yang bisa mengerti Anda seperti halnya operator yang menyediakan paket internet unlimited untuk kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *