6 Cara Mengatasi Hp Lemot, Dengan Mudah dan Cepat

By | Juni 16, 2019

Cara mengatasi Hp lemot – Android merupakan platform smartphone yang luar biasa. Kapasitas RAM saja mencapai 8 GB. Padahal pesaingnya yaitu iPhone sebagian besar masih menggunakan RAM 1 GB. Alasannya tentu adalah untuk mencegah loading agar tetap cepat.

Namun faktanya, sebesar apapun RAM yang diusung, android tetap lemot juga. Karena pada umumnya, kecepatan loading smartphone yang lemah tidak semata karena kapasitas memori.

Masih banyak penyebab lain yang menjadi pemicu, diantaranya adalah aplikasi yang no update.

Cara Mengatasi Hp Lemot

Berikut ini, beberapa cara mengatasi hp lemot dan panas yang bisa dicoba. Dapat digunakan juga pada ponsel yang memiliki ram tinggi namun masih lemot. Tentunya, jika Anda berhasil, interaksi dengan perangkat semakin melesat.

1. Rajin Update Aplikasi

Cara mengatasi hp lemot yang pertama adalah rajin melakukan update aplikasi. Jika App sudah lama, biasanya pihak developer meminta Anda untuk meng-update yang baru. Nantinya akan ada notifikasi di layar hp yang menunjukkan hal tersebut.

Jika bertemu dengan instruksi tersebut, segera lakukan update. Karena biasanya, aplikasi yang new, kapasitasnya juga lebih ringan dan sistem masih fresh.

2. Auto Kill

Untuk pengguna android yang aktif, aktivitas multi tasking merupakan hal yang tidak terhindarkan. Akibatnya, banyak sekali aplikasi aktif di Recent Apps. Software on inilah yang membuat RAM penuh sehingga android menjadi lemot.

Adapun fungsi aplikasi AutoKill ini adalah untuk mencegah aplikasi aktif kembali di balik background. Jika ada biasanya langsung dimatikan oleh sistem.

3. Gunakan Anti Virus Tunggal

Anti virus merupakan software yang harus ada pada perangkat. Namun, bila menghapus semua antivirus juga bukan langkah yang bijak. Karena dikhawatirkan perangkat Anda rawan terhadap serangan peretasan. Solusinya adalah unduh satu anti virus saja tidak lebih.

Baca juga : Cara Memperbaiki Hp Kemasukan Air Agar Normal Kembali

4. Gunakan Aplikasi yang Multi Fungsi

Aplikasi yang disediakan oleh Google Play maupun Play Store bermacam-macam. Ada yang berfungsi secara one function ada yang multi fungsi. Jika menggunakan one function, Anda harus mengunduh banyak aplikasi. Sedangkan yang multi fungsi, satu aplikasi saja sudah mewakili semuanya.

Salah satu contoh aplikasi yang multi fungsi adalah Clean Master. Di dalam software ini tidak hanya berisi fitur Clean Cache saja. Tetapi juga bisa melakukan uninstall, pendinginan CPU, pengaturan daya dan lain sebagainya.

5. Gunakan Aplikasi Berbayar

Aplikasi gratis sangat disukai oleh pengguna android. Karena untuk mengakses fungsinya, tidak diperlukan biaya alias fee. Semakin banyak pemakai aplikasi gratisan, maka pihak pengiklan juga semakin gencar memasang iklannya. Sehingga memori menjadi penuh dengan gambar dan warna.

Jika memori sudah sesak, tentu loading android akan lemot. Solusinya adalah Anda harus menghapus aplikasi gratis tersebut dan beralih pada software premium.

6. Perhatikan Jumlah Memori

Menengok memori smartphone bukan semata RAM. Memori internal juga memengaruhi kecepatan perangkat. Maka dari itu, selalu cek semua memori hp Anda. Jika ada yang melampaui, segera hapus agar kecepatan ponsel kembali normal.

Itulah cara mengatasi hp lemot yang paling cepat dan aman. Semoga dapat memberi banyak manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *