5 Cara Mudah Membersihkan Lensa Kamera HP

By | Juli 1, 2019

Di era teknologi yang serba modern, hampir setiap orang pasti memiliki smarpthone yang telah dilengkapi kamera. Sama seperti fitur lain yang tersemat pada smartphone, kamera pun terkadang kerap mengalami permasalahan. Salah satunya adalah buram karena terhalang kotoran. Maka dari itu, penting untuk membersihkan lensa kamera HP secara rutin.

Membersihkan Lensa Kamera Hp

Kebersihan lensa pada ponsel pintar bisa memengaruhi hasil foto. Jadi, sebelum Anda memulai mengambil gambar, pastikan lensa pada ponsel sudah bersih. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Lensa Berdebu, Gunakan Minyak Kayu Putih untuk Membersihkannya

Minyak kayu putih ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan kita. Faktanya, minyak kayu putih sudah lama digunakan untuk membersihkan ponsel. Salah satunya adalah digunakan untuk membersihkan lensa HP yang terkena debu.

Debu yang menempel biasanya timbuk akibat ponsel yang ditaruh sembarangan. Maka dari itu, jangan pernah lagi menaruhnya di mana saja. Namun, jika sudah terlanjur lensa HP terkena debu, silahkan ambil minyak kayu putih. Kemudian, ambil tisu secukupnya dan beri sedikit minyak kayu putih. Lalu, gosokan tisu tadi pada lensa ponsel. Lakukan cara ini hingga debu benar-benar hilang.

Jika Perlu, Gantilah Tutup Lensa Kamera

Jika lensa HP Anda tergores, hasil gambar yang dihasilkan akan tampak buram. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti tutup lensa kamera HP. Untuk menggantinya Anda bisa mencongkel lensa kamera dengan menggunakan silet. Lakukanlah secara hati-hati dan benar. Jika tidak berpengalaman, Anda bisa meminta bantuan yang sudah ahli.

Alangkah baiknya Anda ganti tutup lensa lama dengan yang baru. Jika Anda belum memiliki uang untuk membeli tutup yang baru, Anda bisa memanfaatkan selotip warna bening sebagai alternatif.

Membersihkan Lensa Kamera Tergores dengan Pasta Gigi

Selain menggunakan kayu putih, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Cara ini cocok untuk lensa HP yang mengalami goresan atau yang lainnya. Cara membersihkan lensa menggunakan pasta gigi caranya mudah. Pertama-tama ambil atau siapkan pasta gigi berwarna putih (jangan terlalu banyak). Oleskan pasta gigi pada bagian lensa, kemudian gosokkan secara perlahan-lahan.

Baca juga : Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Cepat Dan Mudah

Untuk membersihkannya, Anda juga bisa menggunakan cotton bud. Ambil pasta gigi putih lalu oleskan pada cotton bud, kemudian tempelkan pada bagian lensa. Kemudian, bersihkan secara memutar searah jarum jam. Setelah selesai, diamkan sebentar. Jika sudah cukup waktu, bersihkanlah sisa-sisa pasta yang masih menempel pada lensa. Gunakan kain khusus, seperti microfiber, agar hasilnya sempurna.

Cara mudah Membersihkan Lensa Berembun

Lensa kamere HP yang berembun biasanya terjadi karena HP diletakkan di tempat lembab. Lensa HP yang berembun biasanya dapat menurunkan kualitas hasil jepretan. Untuk mengatasinya sebenarnya tidaklah sulit. Lensa berembun bisa diatasi dengan cara melepas baterai HP terlebih dahulu. Tapi, sebelum melepasnya, pastikan Anda menekan tombol power-nya terlebih dahulu, hingga HP tersebut mati. Setelah itu, keringkan ponsel Anda dengan menggunakan hair dryer. Arahkan hair dryer pada bagian sisi smartphone Anda agar embun hilang.

Gunakan Cairan Khusus Pembersih Lensa

Cara membersihkan lensa kamera HP ini biasanya dilakukan untuk lensa kamera besar. Namun, Anda bisa menerapkannya juga untuk lensa HP. Gunakan cairan khusus pembersih lensa agar hasilnya sempurna. Jangan meneteskan cairan tersebut secara langsung ke lensa. Gunakanlah kain pembersih seperti microfiber. Bersihkanlah lensa dengan gerakan memutar.

Demikian ulasan tentang tips membersihkan lensa kamera HP dengan cara sederhana. Cara di atas bisa Anda gunakan untuk berbagai tipe dan merk HP. Cara di atas, bisa diaplikasikan untuk kamera ponsel bagian depan maupun belakang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *