5 Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul

By | Januari 15, 2019

Kontak whatsapp tidak muncul – Diantara kalian pasti pernah mengalami kontak whatsapp tidak muncul pada HP android, ini menjadikan rasa was-was akibat kontak whatsapp hilang. Mungkin diluar sana banyak teman-teman yang menyimpan nomor kawan lama diaplikasi kontak HP.

Namun karena mengalami sedikit gangguan atau kerusakan kinerja sistem. Maka dari itu untuk mengatasi sekaligus mencegahnya anda bisa lakukan 5 cara dibawah ini agar kontak whatsapp yang semula tidak muncul menjadi muncul.

Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul

Mungkin ada yang bertanya kenapa di whatsapp tidak ada nama kontak? Seperti contoh pada saat kita memasukkan nomor hp baru diphonebook dan saat dibuka di aplikasi whatsapp tidak otomatis muncul atau whatsapp tidak bisa membaca kontak. Kemungkinan besar penyebabnya adalah lambatnya koneksi internet anda.

Ini sering terjadi pada hp oppo, xiaomi, samsung, lenovo dan andromax. Perlu diketahui pada dasarnya mengapa kontak whatsapp tidak muncul. Karena seringkali belum memiliki izin aplikasi untuk membaca kontak phone.

Cara Menampilkan Nama Kontak Di Whatsapp Hp Xiaomi

5 Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul Di HP Android

Saya hanya mencontohkannya pada HP xiaomi. Namun, cara mengatasi kontak whatsapp tidak muncul di semua tipe HP sama saja caranya. Berikut 5 cara mengatasi nama kontak tidak muncul di hp android.

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Langkah pertama pastikan koneksi di HP android anda lancar. Saat koneksi lambat, akibatnya whatsapp tidak mau merespon secara cepat proses yang diinginkan oleh pemakai. Oleh karenanya, kontak yang telah ditambahkan melalui phonebook tidak dapat terbaca di whatsapp. Ini menjadi faktor utama yang harus anda benahi terlebih dahulu.

Bilamana koneksi internet lancar kemungkinan anda harus memperbarui aplikasi whatsapp di PlayStore.

2. Perbarui Aplikasi Whatsapp

Mengapa whatsapp anda harus diperbarui? Karena biasanya ini terjadi setelah handphone dilakukan upgrade sistem yang diakibatkan sedikit terganggunya kinerja handphone. Untuk itu dapat anda lakukan cara memperbarui aplikasinya sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Google PlayStore dan geser ke bagian garis tiga disisi kiri.
  • Setelah itu pilih aplikasi & game saya, lalu cari aplikasi whatsapp messenger, lalu dibagian kanan ada tulisan update klik update.
  • Setelah itu akan otomatis mendownload whatsapp versi terbarunya..

3. Perizinan Aplikasi Whatsapp Kontak

Cara lain yang paling utama yaitu pastikan anda  sudah melakukan perizinan terhadap aplikasi whatsapp kontak. Jika belum, maka benar dugaannya, yaitu whatsapp anda tidak akan muncul kontaknya. Untuk itu, silahkan lakukan cara mengizinkan whatsapp mengakses kontak sebagai berikut :

5 Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul Di HP Android
  • Buka pengaturan HP, masuk ke bagian kelola aplikasi terinstall.
  • Kemudian cari aplikasi whatsapp. Klik aplikasi whatsapp.
  • Lalu masuk ke bagian perizinan aplikasi dan aktifkan (centang) pilihan kontak.

4. Perbarui Kontak Whatsapp

5 Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul Di HP Android
Perbarui kontak whatsapp

Penyebab tidak munculnya kontak whatsapp yaitu anda lupa untuk memperbarui kontak whatsapp. Jika sudah melakukan perizinan aplikasi kontak whatsapp, segera buka aplikasi whatsappnya dan masuk ke bagian chat seperti ditunjukkan pada gambar dan setelah itu pilih titik tiga dipojok kanan atas dan ketuk perbarui. Otomatis akan melakukan pembaruan kontak nomor yang ada atau baru anda masukkan ke phonebook.

5. Cek Kontak Terblokir

Penyebab kontak whatsapp tidak muncul selanjutnya adalah mungkin halnya kontak telah diblok oleh anda. Cara mengeceknya yaitu dengan membuka setelan whatsapp pilih akun > privasi > kontak terblokir. Disitu akan terlihat berapa banyak kontak orang yang telah anda blokir.

Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Agar Tidak Hilang Saat Dipindah Ke Lain Hp

Tips ini dapat anda lakukan agar kontak whatsapp tidak hilang saat ganti handphone yaitu dengan cara backup harian lewat gmail atau menyimpan kontaknya di dalam gmail langsung.

5 Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul Di HP Android

Caranya yaitu apabila anda akan menyimpan kontak HP teman anda, maka pilihlah simpan ke Google seperti yang ada pada gambar.

Pilihlah gmail sobat yang akan sobat gunakan untuk menyimpan kontaknya.

5 Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul Di HP Android

Untuk yang cara backup bisa anda pergi ke setelan whatsapp dan pilih chat kemudian pilih cadangan chat. Ubah cadangkan ke Google drive menjadi harian dan kemudian pilih e-mail yang untuk dicadangkan.

Itulah artikel mengenai 5 cara mengatasi kontak whatsapp tidak muncul di hp android. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *