7 Langkah Mudah Memperbaiki Jaringan 4G Hilang

By | Juni 18, 2019

Pernahkah aktivitas Anda dengan handphone seperti menonton film terputus akibat jaringan 4G hilang? Tentu, peristiwa tersebut membuat Anda marah dan berang bukan?

Kehilangan jaringan 4G semacam ini wajar. Namun, Anda tidak usah panik, karena cara memperbaiki jaringan 4G hilang-hilang sudah ada tanpa Anda menghubungi pihak provider penyedianya. Bahkan Anda tidak perlu membawa perangkat ke tukang service.

Memperbaiki Jaringan 4G Hilang

4G merupakan jaringan terbaru yang merupakan hasil upgrade jaringan sebelumnya 2G dan 3G. Signal ini memiliki dua tipe yang disebut Wimax dan Long Term Evolution atau yang diistilahkan dengan LTE.

Sekalipun jaringan anyar ini dianggap lebih kuat dibandingkan yang lama, kekuatannya dalam merespon gelombang kadang bermasalah. Bahkan, banyak kasus jaringan 4G tidak bisa diakses sama sekali. jika masalah ini terjadi, berikut tips yang bisa dilakukan Anda, yaitu :

1. Pindah Jaringan ke Mode Pesawat 

Cara pertama memperbaiki jaringan 4G yang hilang adalah coba alihkan mode jaringan ponsel ke mode pesawat (Airplane Mode).
Jika mode ini sudah terpasang, perangkat akan lepas dari jelajah online. Dalam kondisi ini, jaringan akan me-refresh dirinya beberapa saat. Fungsinya adalah ketika mode pesawat di-nonaktifkan, jaringan 4G kembali sehat dan berfungsi dengan normal.

2. Setel Mode Jaringan

Antara satu ponsel dengan yang lain, memiliki teknik setel mode jaringan yang berbeda. Persamaannya adalah melakukan hubungan telepon terhadap pihak penyedia jaringan. Caranya adalah masuk ke aplikasi telepon. Lalu lakukan panggilan terhadap nomor hubung tertentu.

Jika berhasil, jaringan akan diubah seperti keinginan Anda. Selanjutnya lakukan pilihan SIM dengan cara klik tulisan TD-SCDMA, GSM/WCDMA, 4LTE ubah menjadi 4G LTE Only. Selesai, jaringan 4G akan kembali normal.

3. Unduh Aplikasi Network Signal Info

Network Signal Info merupakan software penambah daya jaringan. App ini diluncurkan oleh perusahaan aplikasi terkemuka yaitu Kaibits Software. Di dalam perangkat lunak ini banyak fitur yang bisa dimanfaatkan seperti Detailed Mobile Network, WLAN dan Android System Information.

Aplikasi Network Signal Info bisa memperbaiki jaringan ponsel yang hilang. Bukan hanya jaringan 4G LTE saja, jaringan HSPDA dan Wifi juga bisa diperbaiki olehnya. Maka dari itu, software ini layak diunduh oleh Anda yang suka mengakses hp di dalam ruangan.

4. Cek Hardware Ponsel

Cara memperbaiki jaringan 4G hilang selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada perangkat keras. Caranya adalah datangi service hp terbaik lalu lakukan deteksi di  sana. Jika terbukti penyebabnya adalah hardware rusak, maka segera lakukan perbaikan atau mengganti dengan yang baru.

5. Restart Smartphone

Fungsi restart adalah memuat ulang fitur yang error di dalam ponsel sekaligus melakukan perbaikan Chace secara otomatis. Salah satu fitur yang diperbaiki saat restart adalah jaringan 4G. Maka dari itu, jika gejala 4G hilang karena sistem error, biasanya pasca restart, jaringan kembali normal.

6. Akses Jaringan di Ruang Terbuka

Jika jaringan hilang pasca Anda masuk ruangan, berarti, kekuatan daya 4G di ruang tersebut sangat lemah. Kasus ini wajar dan sering terjadi pada banyak pengguna smartphone. Solusinya adalah coba akses ponsel di tempat yang lebih terbuka pasti jaringan kembali ada.

7. Gunakan Setting 4G Only

Terkadang penyebab jaringan 4G tidak stabil akibat berpindahnya jaringan ke mode lain. Maka dari itu, pihak developer memberikan Anda akses untuk paten pada penggunaan jaringan 4G saja. Caranya dengan mengaktifkan Setting Mode 4G Only.

Baca juga  : Cara Mengaktifkan 4G dan Setting 4G Only Hp Android

Itulah beberapa cara memperbaiki jaringan 4G hilang tanpa sebab. Silakan terapkan agar Anda bisa kembali mengakses fitur smartphone dengan normal. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *