Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Desa Kademangaran Tegal

By | Desember 7, 2018

Kademangaran – Desa Kademangaran adalah salah satu desa yang terletak di bagian Kabupaten Tegal dan berada di Kecamatan Dukuhturi. Desa Kademangaran ini biasa disebut dengan sebutan Desa Demangaran. Ini menjadi suatu ciri khas tersendiri. Nama desa Kademangaran diambil dari salah seorang mbah pada jaman dahulu, yang bernama Mbah Demang. Berkat kegigihan dan tekad yang kuat dalam berdakwah, beliau kini diabadikan sebagai nama salah satu desa yang terletak di Daerah Kabupaten Tegal ini.

Maulid Nabi Muhammad shallallahu Alaihi Wasallam adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah. Kata Maulid atau milad dalam bahasa Arab artinya hari lahir. Perayaan Maulid Nabi adalah tradisi yang berkembang di masyarakat islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara substansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad. Dikutip dari laman Wikipedia

Perayaan Maulid Nabi Desa Kademangaran 1440 Hijriah

Maulid nabi atau dalam bahasa daerahnya sering disebut sebagai mauludan atau rolasan ini serempak dilakukan didaerah-daerah di indonesia dan didunia. Peringatan ini mewujudkan rasa mahabbah untuk menyambut kelahiran baginda nabi Muhammad untuk setiap orang yang ingin mendapatkan syafaatnya. Tepatnya di tanggal 12 Rabiul Awal diadakan serentak peringatan hari lahir nabi Muhammad, kalian bisa menemui perayaan-perayaan seperti ini sampai di pelosok-pelosok negeri ini.

Seperti halnya perayaan hari milad nabi Muhammad di desa kademangaran Dukuhturi tegal. Di pelosok desa ini peringatan hari lahir nabi kita biasa disebut dengan rolasan. Dengan adanya rolasan ini menandakan bahwa mauludan atau muludan akan segera berakhir.

Namun, alangkah baiknya kalian harus melaksanakan mauludan setiap seminggu sekali. Walaupun tanpa adanya acara mauludan seperti di bulan rabiul awal, kegiatan ini harus dilaksanakan setiap minggu guna menjaga pedusunan kita dari segala bencana. Bila rasa mahabbah kepada sang rasul telah ditanamkan kepada diri kita, maka sejauh apapun acara Maulid nabi itu berada maka datangilah.

Niatnya saja sudah mendapatkan pahala, apalagi jika ikut andil dalam acara maulidan. Akan tetapi bagi anda yang ingin pergi ke suatu majelis tetapi dalam keadaan diluar kota, dijaman yang modern ini tidak ada yang sulit. Bisa anda melakukan tontonan siaran langsung pada media sosial Facebook, instagram, atau youtubenya.

Hal ini adalah suatu kecanggihan teknologi modern yang dapat anda rasakan sekarang. Begitupun sang admin ini yang mengabadikan momen special perayaan Maulid nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam di kampung dusun kademangaran.

Berikut foto-foto yang kami abadikan dalam acara mauludan desa kademangaran.

Perayaan Maulid Nabi Desa Kademangaran
Perayaan Maulid Nabi
Perayaan Maulid Nabi Desa Kademangaran
Perayaan Maulid Nabi
Perayaan Maulid Nabi Desa Kademangaran
Perayaan Maulid Nabi
Perayaan Maulid Nabi Desa Kademangaran
Perayaan Maulid Nabi
Perayaan Maulid Nabi Desa Kademangaran
Perayaan Maulid Nabi
Perayaan Maulid Nabi Desa Kademangaran
Perayaan Maulid Nabi

 

Picture on Xiaomi Redmi 5

Copyright by : Rafli Fahrezi dan Aviscena Zaldian
Demikianlah artikel mengenai Perayaan Maulid Nabi Muhammad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *