Cara Cek Ktp Via Internet Beserta NIK Terbaru 2019

By | Juni 15, 2019

Cara cek KTP via internet – Jika Anda telah berusia 17 tahun atau lebih, maka Anda sudah lolos kualifikasi untuk memiliki KTP. KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah identitas yang harus kita miliki sebagai warga negara Indonesia.

Namun sejak tahun 2009 lalu, pemerintah menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk beralih ke e-KTP karena diaggap lebih aman. Jadi, kita juga bisa melakukan cek ktp via internet karena data-data yang kita miliki telah terintegrasi secara digital.

Adapun bagaimana cara memeriksa KTP untuk melihat sebuah data lewat internet? Simak baik-baik ulasan berikut ini.

Cara Cek KTP Via Internet

Untuk memastikan validitas data yang tersimpan secara online, Anda bisa langsung cek ktp via internet melalui website atau langsung dari gawai yang Anda miliki. Inovasi ini juga terus dikembangkan oleh pemerintah guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti misalnya kejahatan untuk mengamankan tindak pidana korupsi, menyembunyikan identitas DPO (Daftar Pencarian Orang), menghindari pembayaran pajak, dan banyak lagi.

Nah, untuk itu dibuatlah e-KTP agar modus-modus kejahatan seperti di atas bisa diminimalisir atau bahkan ditiadakan. Tapi bagaimana cara cek NIK KTP secara online? Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengecek KTP Online Lewat Website

Sebelum mengecek e-KTP via website, pastikan bahwa Anda telah memiliki e-KTP yang terdaftar secara resmi oleh pemerintah. Adapun tujuan untuk mengecek ktp secara online ini ialah untuk melihat validitas data Anda telah terdaftar dalam database kependudukan di Indonesia atau belum.

Jika Anda belum memiliki e-KTP namun usia sudah memadai, maka segeralah megurus pendaftaran diri Anda ke kantor kecamatan atau disdukcpapil. Pastikan juga bahwa seluruh persyaraan seperti halnya formulir, KK, dan lainnya telah terpenuhi.

Baca juga : 4 Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Jebol

Jika sudah, maka Anda langsung bisa mengakses situsnya di alamat http://dukcapil.kemendagri.go.id. Kemudian untuk melakukan pengecekan data, tinggal masukkan saja NIK yang tertera di e-KTP Anda.

Cara Cek NIK KTP Online via Aplikasi

Selain melalui website, Anda juga bisa mengecek validitas data di ktp Anda melalui aplikasi yang bisa dipasang di smartphone Anda. Untuk pengguna android, Anda bisa langsung mendownloadnya melalui Google Play Store secara gratis.

Karena ada banyak sekali aplikasi yang tersedia, maka pilihlah salah satu saja untuk dipasang di hp Anda. Jika sudah, masuklah ke aplikasi tersebut dan ketikkan NIK yang ada di e-KTP Anda lalu klik cek.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek validitas data milik orang lain melalui aplikasi Cek KTP di android itu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa data-data yang terdapat dalam e-KTP itu adalah asli dan lengkap, sehingga tidak bisa diduplikasi atau dipalsukan oleh orang lain.

Seluruh Warga Negara Wajib Memiliki E-KTP

Taatilah peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah. Jika semua persyaratan untuk memiliki e-KTP telah terpenuhi, segeralah lakukan pendaftaran kemudian perekaman pada tanggal yang telah ditentukan.

Namun jika sampai tenggat waktu yang telah ditentukan belum juga ada tindak lanjut, maka data Anda akan diblokir yang mengakibatkan berbagai kesulitan akses layanan publik yang menggunakan NIK.

Hal ini berkaitan dengan administrasi warga negara yang bersangkutan. Resiko jika Anda tidak memiliki e-KTP ialah kesulitan mengurus surat-surat penting yang berkaitan dengan pribadi Anda. Misalnya seperti surat nikah, surat izin mengemudi (SIM), BPJS, izin usaha, pendidikan, izin mendirikan bangunan, perbankan, dan lain-lain.

Begitulah cara cek ktp via internet terbaru 2019 yang sangat mudah dan bisa langsung Anda praktekkan sendiri. Data-data yang ada dalam e-KTP yang merupakan identitas kita sebagai warga negara ini sangatlah penting.

Maka dari itu, pastikanlah validitasnya agar tidak ada orang bermotif jahat yang bisa menyalahgunakan data-data tersebut untuk keburukan. Jadilah warga negara yang baik dan taat aturan pemerintah demi masa depan Indonesia yang lebih baik!

Demikianlah artikel tentang cara cek KTP via internet. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *