Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Panas yang Paling Aman

By | Juni 17, 2019

Perangkat android akan cepat rusak jika terus-terusan bersuhu panas. Selain itu, efek suhu ini ke tangan terasa tidak nyaman. Bahkan, ada beberapa kasus, panas hp begitu tinggi sampai mengakibatkan aliran listrik di dalamnya crash. Namun, jangan khawatir, berikut ini ulasan penyebab dan cara mengatasi hp panas tersebut.

Penyebab Hp Panas

Penyebab hp panas harus diketahui sejak dini. Supaya tindakan pengiritan terhadap hardware perangkat smartphone bisa dilakukan dengan serius. Itu pun jika Anda ingin memiliki ponsel yang awet dan tahan lama. Berikut beberapa penyebabnya, yaitu :

1. Bermain Game Terlalu Lama

Penyebab yang pertama adalah terlalu lama bermain game. Apalagi jika permainan yang dimainkan berkapasitas tinggi seperti PUBG, tentu GPU menjadi terbebani yang efeknya hp mengalami over hate. Maka dari itu, atur waktu bermain Anda maksimal satu jam saja. Setelah itu matikan hp hingga panasnya hilang.

2. Aplikasi Nonton Video Long Time

Aplikasi nonton video yang bisa membuat hp panas adalah Youtube. Selain isinya adalah gambar bergerak, akses ke situs juga membutuhkan jaringan internet. Sehingga daya yang dibutuhkan ponsel teramat besar. Maka dari itu, menonton You Tube berjam-jam bisa membuat hp kelebihan suhu panas.

3.  Akibat Jarang Update Software

Sebuah aplikasi yang diluncurkan akan membawa prosessor sesuai kapasitasnya. Semakin lama, prosessor tersebut akan lemah sehingga bug juga kena imbasnya. Jika aplikasi ini dibiarkan, ponsel akan cepat panas. Maka dari itu, update aplikasi dengan rajin, supaya bug yang lama diperbaharui dengan yang lebih segar.

4. Aplikasi On Bersamaan

Penyebab hp panas yang terakhir adalah adanya aplikasi aktif yang berjalan di balik layar. Jika cuma satu dua tidak masalah. Tetapi jika terlalu banyak, efeknya ponsel akan panas. Solusinya adalah tutup semua aplikasi tersebut sebelum over hate semakin parah.

Baca juga : Lupa Pola Hp? Ini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi HP Panas Yang Aman

Jika hp sudah terlanjur panas, jangan lantas panik dan membawanya ke service. Apalagi membeli yang baru, padahal yang lama masih bisa digunakan. Tentu ini pemborosan karena uangnya masih bisa dibelikan hal yang lebih bermanfaat.

Sebab, penyebab dan cara mengatasi hp panas sudah banyak dan beberapa diantaranya kami jelaskan di bawah ini, yaitu:

1. Pakai Charger Asli

Cara mengatasi hp panas yang pertama adalah ganti charge dengan yang original. Mahal sedikit tidak masalah yang penting perangkat sehat dan awet. Hentikan kebiasaan mengganti charger dengan yang imitasi. Karena sejatinya kapasitas charger perusahaan sudah terukur dengan daya ponsel.

2. Non Aktifkan Bluetooth dan GPS

Ada dua fitur yang harus non aktif jika tidak digunakan, yaitu GPS dan Bluetooth. Pasalnya, kedua fitur ini bisa membuat ponsel panas akibat jaringan pencarian yang tidak mati-mati. Artinya sekalipun ponsel off, keduanya tetap aktif melakukan research.

3.  Atur Waktu Ketika Menonton Video atau Gaming 

Atur waktu untuk menonton video dan bermain game. Kalau bisa jangan sampai non stop. Karena efeknya, ponsel panas bahkan error. Hal ini sering dilupakan oleh orang. Anggapannya yang paling berpengaruh adalah multi tasking. Padahal streaming dan game memiliki efek buruk serupa.

4. Lihat Kondisi Baterai

Jika hp cepat panas, bisa jadi daya baterai sedang menurun. Atau mungkin kualitas baterai sudah mulai lemah. Maka dari itu, cek terus baterai dan ganti yang baru jika kendalanya dari sana.

5. Clean File Sampah

Cara mengatasi hp panas yang terakhir adalah hapus semua file sampah. Baik yang berupa cache, cookies, junk dan yang semacamnya. Karena file inilah yang membuat memori penuh sehingga ponsel over suhu.

Itulah penyebab dan cara mengatasi hp panas. Beberapa tips mencegah hp rusak dan error. Jika tutorial ini dilakukan, smartphone Anda lebih awet dan loading-nya lebih cepat.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi HP panas. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *