5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Mudah Tapi Efektif

By | Agustus 1, 2019

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada jaringan WiFi adalah stabilitas sinyal yang kadang sangat buruk. Untuk mengatasinya, pemilik jaringan wajib mencari informasi cara memperkuat sinyal WiFi yang mudah dipraktikkan tapi efektif. Ada beberapa solusi mudah yang bisa dikerjakan langsung oleh pemilik WiFi tanpa perlu berkonsultasi atau menggunakan jasa teknisi.

Mengubah Posisi Pemancar WiFi

Router atau pemancar sinyal WiFi berperan penting dalam stabilitas sinyal. Bila kualitas sinyal yang ditangkap kurang, maka tindakan pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengubah posisi router. Pindahkan ke bagian tengah rumah sehingga terjangkau dari berbagai penjuru. Selain itu, pastikan ketinggiannya cukup agar tangkapan dan stabilitas sinyal lebih baik.

Mengganti Pemancar Yang Sudah Lawas

Bukan hanya posisi router yang kurang tepat, tapi juga perangkat yang sudah lama dan usang. Perangkat pemancar WiFi seperti itu menggunakan teknologi lama di mana memengaruhi kecepatan dan stabilitas jaringan yang dipancarkan. Bila hal itu yang menjadi masalah, maka solusi yang harus ditempuh adalah mengganti perangkat dengan pemancar teknologi baru.

Menjauhkan Perangkat Elektronik Lain

Televisi, radio, microwave, dan perangkat elektronik sejenis memancarkan saluran yang sama dengan pemancar WiFi. Bila perangkat-perangkat elektronik tersebut berada dekat dengan router, maka akan mengacaukan sinyal yang dipancarkan. Sebab itu, pisahkan perangkat elektronik yang berpotensi mengganggu kinerja router agar pemancar bisa menghasilkan sinyal jaringan yang kuat dan stabil.

Baca : 7+ Cara Mengatasi Sinyal Hilang dan Error

Rutin Mengganti Password WiFi

Saat jaringan WiFi Anda terlalu lambat padahal tidak ada masalah dengan posisi maupun perangkat pemancarnya, maka kemungkinan hal itu disebabkan oleh ulah penyusup. Oknum tersebut mengakses jaringan milik Anda sehingga membebani bandwith membuat jaringan melemah dan menjadi lambat. Jalan keluarnya adalah dengan rutin mengubah password WiFi.

Cara memperkuat sinyal WiFi ini efektif untuk menghindari pencurian jaringan karena password menjadi sulit dideteksi. Alhasil para oknum tersebut tidak akan bisa lagi menyusup dan memanfaatkan WiFI Anda untuk kepentingan pribadinya tanpa ikut membayar biaya berlangganan bulanan. Dengan jumlah pengguna yang terbatas, jaringan WiFi pun lebih stabil.

Menggunakan Aplikasi Penguat WiFi

Apabila ketiga cara di atas tidak terlalu membantu, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi penguat sinyal WiFi buatan pihak ketiga yang bisa diunduh secara gratis dari Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain :

WiFi Manager

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna Android di seluruh dunia. Ukuran aplikasinya juga kecil, kurang dari 2 Mb. Meski demikian, aplikasi ini ampuh untuk menguatkan sinyal WiFi secara signifikan. Sayangnya, detektor WiFi masih sering mengalami eror dan bagi pemula, aplikasi ini sedikit rumit pengoperasiannya.

WiFi Doctor

Aplikasi penguat sinyal WiFi selanjutnya adalah WiFi Doctor. Meskipun tergolong masih baru hadir, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain berfungsi menyetabilkan dan menguatkan WiFi, aplikasi ini juga membantu mengontrol serta menguatkan keamanan jaringan. Ukurannya pun cukup ringan. Hanya saja, WiFi Doctor tidak kompatibel untuk beberapa tipe HP Android.

WiFi Master

WiFi Master saat ini sudah mengeluarkan versi pro yang tetap dapat diakses oleh pengguna secara gratis. Aplikasi ini memiliki ukurang kurang dari 5 Mb, dengan tampilan antar muka sederhana dan user friendly. Efektifitasnya dalam meningkatkan kualitas sinyal WiFi telah teruji. Selain itu, ponsel Android jadi lebih mudah dalam mendeteksi jaringan.

Cara memperkuat sinyal WiFi di atas dapat Anda praktikkan lebih dahulu bila sambungan internet nirkabel Anda kurang bagus. Namun bila tetap tidak menunjukkan perubahan, maka kemungkinan masalah ada pada provider penyedia internet atau pengaturan sambungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *