4 Cara Memperkuat Sinyal HP Android Ampuh Tanpa Ribet

By | Agustus 10, 2019

Meskipun kecepatan jaringan internet saat ini bersiap menyambut teknologi 5G, hal tersebut akan menjadi percuma bila sinyal pada perangkat terlalu lemah. Bagi Anda yang mengalami problematika seperti demikian, di bawah ini adalah deretan cara memperkuat sinyal HP yang ampuh sebagai solusi agar koneksi internet pun lancar.

1. Membuat Denah Kekuatan Sinyal

Cara pertama adalah dengan membuat peta atau koordinat kekuatan sinyal di tempat Anda menghabiskan mayoritas waktu, seperti rumah dan kantor. Bagaimana cara mengetahui kekuatan sinyal di masing-masing titik? Tutorialnya sebagai berikut :

  • Masuk ke menu pengaturan / setting pada ponsel Android Anda.
  • Pilih opsi about atau tentang, kemudian klik network atau jaringan.
  • Pada menu tersebut akan ditampilkan kekuatan sinyal ponsel Anda menggunakan satuan konversi dBm. Di bawah (-) 70 dBm berarti sinyal Anda sangat buruk.

Untuk mengetahui kekuatan sinyal di setiap sudut rumah, Anda cukup membiarkan jendela pengaturan jaringan itu tetap terbuka sambil terus berpindah lokasi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan informasi realtime kekuatan sinyal di masing-masing sudut. Anda bisa mencatatnya untuk dijadikan panduan titik dengan sinyal terkuat saat hendak menelepon atau mengakses internet mendesak.

2. Melakukan Penyegaran Jaringan

Bila merasa metode di atas terlalu rumit, Anda bisa mencoba terlebih dahulu cara yang satu ini, yaitu dengan menyegarkan jaringan. Hal yang perlu Anda lakukan hanya mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat untuk beberapa saat, kemudian kembalikan ke mode normal. Biasanya, jaringan mengulang dari awal sehingga sinyal pun lebih kuat.

3. Kunci Sinyal di Satu Lajur Jaringan

Untuk menerapkan cara memperkuat sinyal HP yang satu ini, Anda perlu mempertimbangkan prioritas keperluan sinyal ponsel. Apakah Anda lebih sering menggunakan sinyal untuk keperluan berkomunikasi secara konvensional seperti telepon dan SMS? Atau Anda termasuk kelompok yang memilih metode komunikasi canggih melalui aplikasi chatting dan messanger?

Jika Anda memerlukan nomor untuk bertelepon dan SMS, sebaiknya kunci sinyal pada jaringan 2G only atau 3G only. Jika memilih 2G, sinyal kuat tapi tidak bisa berinternet. Sementara untuk 3G only atau bisa juga dengan kode WCDMA only, Anda dapat berinternet ria dengan lancar tapi komunikasi konvensional pun tidak bermasalah.

Namun kecepatan 3G tentunya kalah dengan 4G atau 4G+ yang baru masuk ke Indonesia sehingga akses internet pun relatif lambat. Kalau Anda memang lebih aktif berkomunikasi lewat aplikasi obrolan dan pesan modern, lebih baik atur jaringan untuk 4G only atau LTE only. Risikonya nomor Anda tidak dapat ditelepon, hanya SMS.

Baca : Cara Mempercepat Koneksi Internet Ampuh Tanpa Repot

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara terakhir yang dapat ditempuh jika memang penyegaran jaringan dan pembuatan koordinat kekuatan sinyal tidak efektif adalah dengan mengunduh aplikasi-aplikasi penguat sinyal, antara lain :

Connection Stabilizer Booster

Aplikasi ini menunjukkan progres penguatan sinyal ponsel secara signifikan. Baik untuk tipe jaringan 2G, 3G, 4G, hingga WiFi sekalipun aplikasi ini membantu menyetabilkan kemudian memperkuat penerimaan sinyal.

Signal Guard Free

Tidak hanya menyetabilkan dan memperkuat sinyal, Signal Guard Free juga merupakan versi aplikasi dengan pengoperasian praktis dari metode pertama, yaitu pembuatan koordinat kekuatan sinyal. Aplikasi akan menunjukkan potensi kekuatan sinyal di setiap sudut yang dilalui.

Network Signal Speed Booster

Aplikasi ini sangat populer karena terbukti efektif menguatkan sinyal. Hanya saja, pengguna dihadapkan dengan ujian kesabaran karena iklan yang muncul sangat agresif.

Dari cara memperkuat sinyal HP di atas, Anda bisa mencoba satu per satu dan menentukan sendiri mana metode yang paling ampuh untuk perangkat Android Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *