5 Cara Mempercepat Download yang Paling Aman

By | Juni 20, 2019

Setiap orang yang mengakses internet salah satu aktivitasnya adalah download. Bahkan, sebagian besar akses online adalah download dan upload saja. Sedangkan chatting dan browsing hanya istilah detailnya. Persoalannya adalah tidak banyak user yang tahu cara mempercepat download.

Untuk mempercepat aktivitas unduh mengunduh (download) semacam ini, biasanya user atau pengguna menggunakan IDM. Padahal cara lain yang lebih cepat juga banyak. Termasuk teknik tanpa mengunduh aplikasi atau software yang baru. Beberapa diantaranya akan kami jelaskan detil di bawah ini.

Cara Mempercepat Download

Banyak sekali penyebab download berjalan lambat. Selain karena aplikasi downloader yang rusak hingga masalah jaringan internet yang lemot. Nah, berikut ini beberapa cara mempercepat download yang sudah terbukti ampuh dan caranya mudah, yaitu :

1. Gunakanlah IDM Optimizer

Cara mempercepat download di PC yang pertama adalah mengunduh menggunakan aplikasi IDM Optimizer. Dengan aplikasi ini, aktivitas download dan instalasi bisa diatur sesuai kecepatan internet.

Aplikasi IDM Optimizer merupakan software downloader yang bisa meningkatkan kecepatan download hingga beberapa kali lipat. Uniknya lagi, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dengan fitur yang cukup mumpuni. Anda bisa men-download app di Goggle Play atau di Play Store.

2. Setting Bandwidth Internet Komputer

Kecepatan download tidak hanya dipengaruhi oleh aplikasi downloader. Kecepatan internet juga berpengaruh besar terhadapnya. Maka dari itu, penyedia perangkat komputer biasanya menyisipkan ukuran maksimal kecepatan download dalam bentuk bandwidth. Fungsinya adalah pengguna bisa meningkatkan speed dengan mengaktifkan fitur bandwidth tersebut. Ini dia caranya :

  • Open RUN
  • Ketik perintah gpedit.msc
  • Tekan tombol enter
  • Klik folder Computer Configuration
  • Klik Administrative Templates
  • Tekan fitur Network
  • Klik tool QOS Packet Scheduler.
  • Tekan dua kali Limit Reservable Bandwidth Properties
  • Ubah Disable ke Enable
  • Ubah Bandwidth limit ke ukuran 0%.

3. Unduh Aplikasi Download Accelerator

Internet Download Accelerator merupakan aplikasi bawaan IDM. Keistimewaan app ini adalah cara penggunaan simple dan mudah. Selain itu, tipe software adalah portable sehingga mudah di-save di sembarang tempat.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunduh banyak file dalam satu waktu dan merubahnya menjadi berbagai macam format. Konsep yang diusung adalah instalasi tatap muka super speed. Jika download berhasil, Anda juga bisa mengelola file sesuai keinginan.

4. Aktifkan Chrome Prefetch

Chrome prefect merupakan setting mempercepat kinerja situs di Google Chrome. Jika website saja dipercepat, tentu aktivitas unduhan di web tersebut juga berjalan cepat. Maka dari itu, fitur ini juga bisa dijadikan alat mempercepat download. Berikut ini teknik mengaktifkannya, yaitu :

  • Tekan icon titik tiga di pojok atas browser
  • Pilih Menu Settings.
  • Aktifkan Use a prediction service to load pages di perangkat

5. Hapus Ekstensi yang Tidak Perlu

Jika koneksi internet sedang kencang tetapi download berjalan lama, jangan-jangan itu akibat ekstensi terlalu berlebihan. Maka dari itu, hapus add ons (ekstensi) yang tidak dibutuhkan supaya website lebih ringan. Memang, ekstensi penting untuk mendukung browser. Namun kalau terlalu over, perangkat menjadi lemot.

Satu dua ekstensi masih bisa Anda gunakan. Namun pilihlah yang memang sesuai dengan kebutuhan. Ingat, kelebihan fitur ini juga bisa membuat perangkat crash dan rusak.

Itulah tips dan cara mempercepat download yang menurut kami lebih aman. Cara ini juga murah bahkan gratis tetapi fungsinya sudah terbukti ampuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *