Cara Memperbaiki Wifi Yang Tidak Bisa Connect

By | Juli 28, 2019

Jika smartphone yang Anda miliki tidak bisa disambungkan dengan wifi, tentu membuat Anda tidak merasa nyaman. Pasalnya, wifi adalah salah satu akses ke dunia maya yang cukup diminati selain pembelian data pada operator-operator tertentu. Lantas bagaimanakah cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect? Simak ulasannya pada artikel ini.

Nonaktifkan Wifi dalam Beberapa Waktu

Penonaktifan wifi sebentar biasanya cukup membantu gawai untuk mencari kembali koneksi wifi. Langkah ini mungkin terlihat sangat sederhana, tetapi Anda bisa menggunakannya jika penyebab gawai Anda tidak terkoneksi dengan wifi adalah masalah ringan.

Biasanya, setelah beberapa saat dan wifi dihidupkan kembali, gawai akan segera tersambung dengan baik. Hal ini lumrah sekali terjadi. Sebab, kadang beberapa gawai tidak seketika melakukan refresh untuk mencari sambungan wifi. Tentu saja, untuk melakukan ini Anda bisa menuju pengaturan wifi pada gawai Anda. Dan umumnya, tidak ada langkah rumit untuk mengaktifkan dan menonaktifkan wifi pada gawai.

Restart Gawai Anda

Umumnya jika kinerja gawai kurang begitu maksimal, melakukan restart adalah solusi terbaik. Pasalnya, dengan melakukan restart, kinerja yang error akan diperbaharui. Namun sebagai catatan, langkah atau cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect di hp ini bukan menjadi langkah mutlak.

Artinya, jika Anda yakin penyebab utama masalah ini bukan pada kinerja gawai yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu melakukan langkah ini. Sebab, masalah utama kadang bukan berada pada gawai, melainkan pada modemnya. Jika cara pertama dan kedua ini sudah dilakukan dan gawai belum juga tersambung, langkah berikutnya mungkin bisa Anda lakukan.

Baca : 5 Cara Mempercepat Download yang Paling Aman

Pastikan Pengaturan Waktu Sudah Tepat

Salah satu hal yang menjadi penyebab gawai tidak terkoneksi adalah pengaturan waktu. Karenanya salah satu cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect adalah dengan memperbaharui waktu dan mengatur ulang. Jika waktu tidak diperbaharui secara otomatis, artinya Anda harus melakukan pengaturan secara manual. Pastikan pengaturan waktu di dalam gawai, juga pada modem atau router, sudah tepat.

Gawai yang Tersambung sudah Mencapai Limit

Umumnya, sambungan wifi memberi batas maksimal berapa banyak sambungan yang bisa dibuat. Jika sambungan tersebut sudah mencapai batas maksimal, maka Anda tidak bisa menyambungkan wifi tersebut dengan gawai Anda. Tentu saja, jalan satu-satunya adalah menunggu dan mencoba jika sewaktu-waktu ada yang memutuskan sambungan.

Catatannya, masalah seperti ini bisa digunakan jika gawai sama sekali tidak bisa menyambung dengan wifi padahal sinyal wifi terdeteksi. Jika masalahnya gawai sudah terkoneksi tetapi Anda tidak bisa mengakses internet, maka cara berikutnya mungkin bisa membantu permasalahan Anda.

Restart Modem Atau Router

Masalah ini bukan lagi ada pada gawai Anda. Masalah otentik tidak otentik IP Address terdapat pada router. Jika ini yang menjadi penyebabnya, meskipun sambungan pada gawai Anda cukup bagus, Anda tetap tidak bisa menggunakannya untuk berselancar. Sebab, router tidak terkoneksi dengan internet..

Untuk mengatasi masalah ini, router atau modem harus di-restart. Dengan cara ini biasanya IP Address akan diperbaharui. Jika sudah diperbaharui, umumnya internet akan berjalan lancar kembali.

Periksa Perangkat yang Ada pada Router

Jika router sudah di-restart tetapi tetap belum terkoneksi dengan internet, maka bisa jadi, ada sambungan-sambungan tertentu yang kurang pas. Untuk periksa setiap sambungan pada modem. Pastikan semuanya terpasang dengan baik. Sebab umumnya, modem tidak bisa bekerja dengan baik jika ada kabel tertentu yang sedikit kendor.

Demikian ulasan tentang cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect. Semoga bisa membantu. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *