Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon

By | Juli 27, 2019

Ponsel dengan layar sentuh sudah menjadi hal yang lumrah. Meski demikian, penggunaan layar sentuh tidak luput dari masalah. Kasus yang sering terjadi, mendadak respon layar sentuh menjadi nihil. Tentu saja ini merepotkan. Apalagi, tidak ada cara lain untuk menggunakan ponsel tersebut tanpa menyentuh. Lantas apakah ada cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon?

Beberapa Hal yang Menyebabkan Layar tidak Merespon

Jika layar sentuh ponsel Anda tidak merespon, bisa jadi hal itu disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

  • Suhu ponsel terlalu panas karena kinerja yang berlebihan.
  • Layar terbentur atau jatuh.
  • Layar terkena air.
  • Usia layar sudah udzur dan harus diganti

Cara Jitu Perbaiki Layar Sentuh

Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon hp Xiaomi, sama hal dengan cara yang akan dijelaskan pada artikel ini. Bagaimana caranya?

Mengurangi Beban Kerja RAM

Tidak jarang, seseorang membuka banyak aplikasi sekaligus ketika menggunakan ponsel. Tentu saja, hal ini menguras RAM. Apalagi, seluruh aplikasi yang dibuka selalu memakan RAM agar bisa berjalan. Dalam keadaan seperti ini, tentu saja RAM menjadi penuh. Efeknya, layar menjadi tidak merespon karena beban kerja terlalu berat.

Jika hal ini terjadi, satu-satunya cara adalah menutup aplikasi yang tengah berjalan. Jika tidak bisa, Anda bisa memaksa aplikasi tertentu untuk ditutup secara paksa. Jangan lupa, menuju pengaturan ponsel, pilih penyimpanan, dan bersihkan. Dengan cara itu, biasanya ponsel bisa berjalan dengan normal kembali.

Baca : Aplikasi Edit Video Android Dan PC Terbaik Tanpa Watermark

Menggunakan Safe Mode

Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon berikutnya adalah menggunakan Safe Mode. Penggunaan Safe Mode membuat ponsel tampil seperti bawaan pabrik asalnya. Dengan begitu, kinerja yang dilakukan oleh ponsel Anda akan lebih ringan.

Cara masuk ke Safe Mode masing-masing versi Android berbeda-beda. Untuk itu, Anda harus tahu lebih dahulu, versi berapa Android yang dipakai ponsel Anda. Beberapa model ponsel bahkan juga menerapkan cara berbeda untuk masuk ke dalam Safe Mode. Lalu bagaimana caranya?

  • Untuk Android 4.0 dan versi di bawahnya, cara masuk ke Safe Mode dengan mematikan ponsel. Lalu, tahan tombol Power ketika proses booting sedang berlangsung. Lalu, tekan dua tombol volume bersama hingga selesai proses booting.
  • Untuk Android 4.1 ke atas, masuk ke Safe Mode bisa dilakukan dengan menekan tombol Power lama. Jika sudah muncul pop up, silakan tekan ok. Lalu, Anda bisa masuk menu Safe Mode.
  • Untuk Android versi 6.0, cara masuk ke Safe Mode adalah dengan menekan tombol Power dan menahannya. Ketika muncul piliha Power Off serta restart, tekan kembali tombol Power serta tahan. Nanti akan muncul pop up rebort to Safe Mode. Dengan menekan OK, Anda akan masuk ke Safe Mode.

Masuk ke Safe Mode jika ponsel Anda adalah Samsung Galaxy adalah :

  • Terlebih dahulu matikan ponsel seperti biasa.
  • Begitu ponsel mati, tekan tombol Power dan tahan. Ini dilakukan sampai muncul logo ponsel.
  • Lalu, tombol Power dilepas, ganti tombol volume down yang ditekan dan ditahan. Ini dilakukan sampai proses booting selesai.
  • Ketika ponsel sudah masuk pada Safe Mode, barulah tombol dilepas.

Jika ponsel yang Anda gunakan adalah ponsel Xiaomi, maka proses masuk ke Safe Mode adalah :

  • Matikan ponsel seperti biasa.
  • Nyalakan ponsel dengan tombol Power.
  • Ketika logo sudah muncul pada layar, tekan fingerprint scanner berkali-kali.
  • Lakukan ini hingga masuk ke Safe Mode.

Dari seluruh model cara masuk ke Safe Mode, perlu Anda coba satu persatu jika cara yang disebutkan di atas belum membuahkan hasil. Jika Anda merasa cukup dan ingin keluar dari Safe Mode, Anda tinggal merestart ponsel. Cukup mudah, bukan.

Demikian ulasan tentang cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon. Semoga bisa membantu. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *