Tidak Perlu Dibuang, Ini Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

By | Juli 29, 2019

Sudah menjadi kelaziman, seseorang menambahkan kartu SD pada gawai untuk menambah ruang penyimpanan. Tidak pun demikian, kartu SD bisa juga disisipkan pada pemutar musik. Karena itu, kartu SD menjadi hal penting bagi sebagian orang. Yang menjadi masalah adalah bila kartu ini tidak bisa digunakan. Adakah cara memperbaiki kartu SD yang rusak itu?

Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak

Membersihkan Kartu SD

Membersihkan kartu SD adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan. Hal ini untuk mengatisipasi masalah kerusakan kartu SD tersebut. Bisa jadi, sebenarnya kartu SD Anda tidak bermasalah, melainkan hanya tersumbat debu dan perlu dibersihkan saja. Bagaimana cara membersihkannya?

Ukuran kartu SD cukup kecil. Cukup Anda lap dengan kain bersih, kartu tersebut sudah bersih. Namun, perlu Anda pastikan, lebih-lebih pada lempeng kuning yang terdapat pada kartu. Sebab, lempeng itulah jalan satu perangkat membaca data pada kartu SD.

Jika sudah bersih, masukkan kembali kartu SD ke dalam slot. Silakan Anda coba. Jika data di dalam kartu sudah terbaca, maka masalah selesai. Jika belum, Anda bisa mencoba cara berikutnya.

Lakukan Pengecekan Menggunakan Komputer

Pengecekan dengan komputer adalah cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa format. Langkah format mungkin bisa dilakukan. Tetapi, sebelum Anda mengformat kartu SD, alangkah lebih baik jika dilakukan pengecekan terlebih dahulu pada kartu tersebut.

Untuk mengecek kartu, Anda harus memasukkan kartu SD pada slot yang terhubung dengan komputer. Sebenarnya dengan menyambungkan gawai yang terdapat slot kartu di dalamnya juga bisa. Tetapi kadang-kadang cara ini sedikit lebih sulit. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan card reader.

Setelah tersambung dengan komputer, lakukan langkah berikut :

  • Pertama, masuk ke dalam Windows Explorer untuk melakukan cara memperbaiki kartu SD yang rusak ini.
  • Lalu, klik Properties
  • Kemudian, klik Tools
  • Klik lagi Check Now
  • Pastikan pada bagian Automatically Fix File System Errors tercentang
  • Kemudian klik Start.

Setelah proses tersebut selesai, seharusnya kartu SD Anda sudah bisa terbaca. Jika belum, artinya langkah format harus Anda lakukan.

Baca : Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri

Format Kartu SD

Cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengformat kartu SD. Salah satunya adalah cara yang bisa Anda lakukan lewat komputer. Lewat komputer, cara mengformat kartu SD adalah sama dengan cara mengformat flashdisk. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik kanan pada bagian kartu SD
  • Kemudian, pilih Format
  • Klik OK.

Sekarang, Anda tinggal menunggu proses format selesai. Prosesnya hanya sebentar, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk itu. Jika sudah selesai, silakan copy data ke dalam kartu SD, jika hal itu berhasil, artinya kartu SD sudah bekerja dengan normal.

Selain menggunakan komputer, sebenarnya Anda bisa juga mengformat kartu SD menggunakan Android. Bagaimana langkahnya?

  • Silakan masuk ke menu pengaturan atau setting perangkat Android Anda
  • Pilih strorage atau penyimpanan
  • Setelah itu, gulir ke bagian bawah. Anda akan menemukan Erase SD Card. Tab pilihan tersebut.

Setelah itu, biasanya Anda tinggal menunggu proses format berjalan hingga selesai. Silakan Anda akses kartu SD. Kartu akan kosong jika memang proses format berhasil. Jika belum, Anda bisa mengulanginya lagi.

Dari cara-cara di atas, sebenarnya ada langkah simpel untuk memastikan apakah benar kartu SD Anda benar-benar bermasalah atau tidak. Caranya dengan memasukkan kartu tersebut pada perangkat lain. Kadang-kadang bukan kartu SD yang bermasalah. Bisa jadi slot pada perangkat yang berdebu atau lempengan yang rusak. Hal ini memang jarang terjadi, tetapi, perlu Anda pastikan terlebih dahulu.

Demikian ulasan cara memperbaiki kartu SD yang rusak. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *