Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak Tanpa Gagal

By | Juli 20, 2019

Cara Memperbaiki Aki Kering – Aki merupakan komponen penting yang berpengaruh besar untuk semua komponen kendaraan. Mulai dari audio hingga komponen kendaraan seperti lampu. Sebenarnya, aki sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu aki kering dan aki basah.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Namun dibandingkan dengan aki basah, aki kering lebih memiliki cara perawatan yang mudah. Kalaupun soak, cara memperbaiki aki kering pun sangat gampang. Berikut langkah-langkah perbaikan tersebut :

Melepaskan Aki Kendaraan

Melepaskan aki kendaraan merupakan cara pertama yang harus Anda lakukan sebelum memperbaiki aki kering. Pada dasarnya proses pelepasan aki kering pada motor dan mobil memiliki cara yang sama. Yaitu Anda harus memulai pelepasan aki dari kutub positif (+) terlebih dahulu, sebelum kemudian melepaskan kutub negatif (-) aki.

Membongkar Aki Kendaraan

Setelah melepaskan aki, proses kedua sebelum melakukan perbaikan aki kering yaitu membongkar aki tersebut. Tidak boleh sembarangan, cara bongkar aki kering harus Anda lakukan dengan langkah yang benar, yaitu :

  • Sebelumnya besihkan bagian luar aki menggunakan kain lap terlebih dahulu
  • Selanjutnya, buka aki dengan cara mencongkel bagian tutup dengan bantuan obeng atau alat pencokel lainya. Usahakan lakukan pencongkelan dengan hati-hati, karena tutup rentan pecah atau rusak. Sebab tutup aki yang rusak nantinya akan membuat aki menjadi bocor.

Mengisi Air Aki

Lanjutkan proses perbaikan aki dengan melakukan pengisian air aki. Cara pengisian tersebut bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut :

  • Sebelumnya siapkan semua peralatan mulai dati suntikan, air aki, hingga kain lap
  • Pastikan tutup dan lubang karet pada aki telah terbuka. Umumnya untuk banyaknya lubang karet tergantung dengan kapasitas ampere
  • Selanjutnya ambil suntikan kemudian isi dengan air aki hingga penuh
  • Setelah itu, isikan air aki pada lubang karet dengan cara menyuntikkan air dengan bantuan suntikan yang sebelumnya telah diisi air aki. Lakukan pengisian hingga semua lubang terisi penuh
  • Jika pengisian telah selesai dilakukan, tutup kembali lubang karet dengan rapat. Pastikan penutupan Anda lakukan dengan baik agar nantinya aki tidak bocor.

Menutup Aki

Jika proses pengisian air aki telah selesai, selanjutnya pasang kembali tutup luar aki. Seperti pemasangan tutup lubang karet, pemasangan tutup luar aki juga harus dilakukan dengan rapat. Agar tidak terjadi kebocoran, pengembalian tutup ini juga bisa dilakukan dengan bantuan lem plastik. Bantuan lem ini sebenarnya disarankan jika pada saat proses pembongkaran, tutup mengalami keretakan atau pecah. Jadi, jika memang tutup masih bagus dan terjamin kerapatannya, lem tidak perlu digunakan.

Melakukan Pengisian Daya Listrik pada Aki

Pada proses selanjutnya, Anda bisa melakukan pengisian daya listrik pada aki. Dalam hal ini, ada dua cara pengisian daya aki. Pertama, pengisian daya menggunakan cas aki, dan kedua, pengisian menggunakan aki motor. Nah sejauh ini, pengisian menggunakan cas aki lebih banyak diminati karena dianggap jauh lebih efisien dibandingkan dengan pengisan aki motor.

Baca : Cara Memperbaiki Aki Basah

Selain karena alat pengisian tersebut kini telah banyak tersedia di tempat-tempat service, proses pengisiannya pun sangat mudah. Yaitu Anda hanya tinggal mengisi daya listrik seperti ketika melakukan pengisian daya pada hp.

Pengecekan Ulang

Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop atau soak terakhir yaitu pengecekan. Dalam proses ini, pengecekan bisa dilakukan dengan bantuan alat ukur. Adapun alat ukur di sini berfungsi untuk mengecek apakah aki kering telah berhasil terisi daya dengan baik. Jika proses perbaikan berhasil, maka aki kering bisa Anda gunakan. Namun jika saat pengecekan, daya aki tidak terisi, itu artinya aki kering tersebut telah rusak dan harus diganti.

Demikian cara memperbaiki aki kering step by step yang bisa Anda jadikan panduan. Meskipun tidak menjamin, tetapi jika dilakukan dengan benar, cara di atas sangat mungkin mengembalikan aki kering menjadi seperti baru lagi. Dengan catatan, aki kering tersebut tidak mengalami kerusakan yang parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *