Cara Memperbaiki Aki Basah yang Efektif

By | Juli 21, 2019

Cara Memperbaiki Aki Basah – Aki basah cukup identik dengan kendaraan model lama. Karena itu, tidak heran jika kendaraan-kendaraan tersebut sudah mulai rewel, termasuk dalam masalah aki. Lantas bagaimana jika aki sudah rewel? Bagaimana cara memperbaiki aki basah yang digunakan pada kendaraan tersebut?

Tanda Aki Bermasalah

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan cara memperbaiki aki basah sepeda motor, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu kondisi aki Anda. Lantas, apa tanda bahwa aki tengah bermasalah?

  • Jika kendaraan susah dinyalakan atau starter tidak bisa digunakan, ini mungkin menjadi bagian dari salah satu tanda meskipun tidak mutlak.
  • Jika kendaraan lama tidak digunakan, dan susah ketika dinyalakan saat ingin dipakai.
  • Lampu kendaraan tidak bisa terang walaupun lampu sudah diganti dengan yang baru.
  • Suara klakson terdengar lemah atau tidak nyaring seperti biasa.
  • Panas aki terlalu berlebihan. Dan ini menandakan aki tengah bermasalah.

Dari tanda-tanda di atas, Anda boleh curiga dan mulai menyimpulkan bahwa aki basah kendaraan Anda memang tengah bermasalah.

Baca : Cara Memperbaiki Aki Kering

Penyebab Aki Basah Bermasalah

Sebenarnya apa yang menyebabkan aki bermasalah? Beberapa hal berikut mungkin bisa menjawab pertanyaan itu.

  • Penambahan aksesoris mulai jenis lampu dan jenis klakson yang tidak sesuai dengan standard produk kendaraan asli, membuat aki lebih cepat soak.
  • Jika mesin kendaraan tidak menyala, tetapi lampu menyala karena kontak dalam posisi on, maka lampu akan mengambil tenaga dari aki. Inilah yang kemudian menjadi pemicu aki lebih mudah drop.
  • Alternator yang merupakan pengisi daya aki tengah rusak. Jika alternator tidak segera diganti, maka aki menjadi terbebani dan tidak bisa bekerja maksimal. Mengganti alternator tentu lebih menguntungkan sebelum melakukan cara memperbaiki aki basah.
  • Plat elektroda pada aki berkerak. Kerak ini kemudian membuat arus listrik terhambat.

Mengoptimalkan Kembali Aki Basah

Langkah perbaikan yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kembali fungsi aki basah bisa Anda lakukan sendiri. Sebab, Anda tidak perlu membongkar aki seperti perbaikan yang dilakukan pada jenis aki kering. Apalagi, membongkar aki basah tidak disarankan bagi masyarakat awam yang belum paham benar dengan otomotif.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk perbaikan ini?

  • Accu Zuur. Ini juga biasa disebut dengan air aki. Namun jangan salah memahami. Air aki ini bukan air aki yang digunakan untuk menambah. Sebab, yang dibutuhkan adalah air aki yang mengandung asam sulfat. Biasanya ada logo merah dalam air aki yang mengandung sulfat.
  • Obeng plus. Obeng ini yang nanti digunakan untuk membuka tutup knop aki.
  • Air panas.
  • Corong atau benda sejenis yang bisa digunakan untuk memasukkan air aki.
  • Sarung tangan. Kegunaannya untuk melindungi kulit Anda.

Langkahnya adalah :

  1. Lepas aki. Pastikan untuk melepas terminal negatif, baru melepas terminal positifnya. Ini diperlukan untuk mencegah terjadinya korslet.
  2. Buka knop atau lubang aki. Pastikan hal itu Anda lakukan dengan hati-hati. Sebab, air aki sangat berbahaya bagi kulit. Itu sebabnya, gunakan sarung tangan sebelum melakukannya.
  3. Buang air aki hingga aki benar-benar kosong. Pastikan Anda membuang di tempat yang aman.
  4. Masukkan air panas yang sudah disiapkan ke dalam aki. Goyang dan buang. Ulangi cara ini hingga air tidak hitam. Ini untuk membersihkan kerak dan kotoran pada bagian dalam aki.
  5. Masukkan air aki. Namun pastikan terlebih dahulu, air panas yang sebelumnya dimasukkan untuk mencuci bagian dalam aki.
  6. Pengisian air aki harus sampai pada batas maksimal pada aki.
  7. Cas aki sesuai kapasitas.

Perbaikan aki semacam ini memberi banyak peluang untuk berhasil. Namun pada beberapa kasus, aki sudah kembali tidak maksimal beberapa minggu setelah perbaikan dilakukan. Untuk itu, cara memperbaiki aki basah ini perlu dilakukan pada kondisi terdesak saja. Demikian. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *