Cara Bangun Tepat Waktu Sesuai Dengan Syariat Islam

By | Desember 11, 2018

Cara bangun tepat waktu – bangun tepat waktu adalah impian semua orang. Sesuatu hal yang dilakukan dengan waktu yang lebih awal akan membuat ke depannya menjadi tidak berat, seperti halnya bangun tepat waktu. Cara bangun tepat waktu menurut Islam dibagi menjadi beberapa bagian, simak baik-baik ulasan dibawah.

Dengan bangun pagi lebih awal dan melaksanakan shalat subuh di masjid ataupun mushola membuat badan kita menjadi lebih bugar dan rejeki kita akan terus bertambah. Mengapa saya berkata demikian? Sebab shalat subuh berjamaah di masjid bisa membuat rezeki kita lancar dan bangun pagi-pagi pun akan membuat badan kita lebih segar.

Cara Bangun Tepat Waktu

Bangun tepat waktu untuk seorang muslim dan muslimat di pagi hari menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya bangun awal bisa melakukan banyak hal yang orang lain belum tentu bisa. Seperti contoh melaksanakan shalat sunah tahajud, melaksanakan shalat hajat, melaksanakan shalat tasbih.

Semua itu ada caranya. Menurut pandangan islam, ada beberapa bacaan yang harus kita baca sebelum tidur. Tidak sedikit bacaan-bacaan sebelum tidur dibacakan oleh setiap orang. Memiliki ilmu itu jangan hanya monoton, tetapi carilah ilmu sampai ke negeri china. Apapun itu ilmunya, kita cari dan kita amalkan sebisa mungkin.

Kita mengamalkan setiap hari semata-mata hanya untuk mendapatkan Ridha Allah SWT. Bila manusia sudah mendapat Ridha dari Allah Tuhan Yang Maha Esa, tentu perbuatan yang dilakukannya adalah untuk ibadah, ibadah dan ibadah. Oleh karenanya, saya akan sedikit berbagi ilmu mengenai cara tepat bangun tidur bagi seorang muslim muslimat yang semoga ilmu dibawah bisa berkah dan membawa kedalam kebaikan.

Cara Bangun Tepat Waktu Menurut Islam

Baca bacaan dibawah ini sebelum anda tidur pada waktu malam hari.

1) Membaca Basmalah sebanyak 21x

بِسْمِ اللّٰهِ الرّٓ حْمٓا نِ الرّٓ حِيْمِ

2) Membaca Surat Al-Ikhlas 3x

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ. اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ. وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ
3) Membaca Surat Al-Falaq 1x

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ. وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ. وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ.

4) Membaca Surat An-Nas 1x

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ. مَلِكِ النَّاسِۙ. اِلٰهِ النَّاسِۙ. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ. الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

5) Membaca Al-Fatihah 1x

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ. الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ. مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ.

6) Membaca Ayat Terakhir Surat At-taubah sebanyak 3x

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ. فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Baca : Tata Cara Mengamalkan Surat At Taubah Ayat 128-129 (Ayat Terakhir)

7) Jangan lupa kemudian membaca Doa Mau tidur dibaca sebanyak 1x saja

8) Diamkan diri anda selama 1 menit seraya hatinya meminta kepengen bangun jam berapa (sebutkan dalam hati)

Misal : Ya Allah saya kepengin bangun jam 3 pagi

9) Baca Istighfar dalam hati

أستغفر الله هل عظيم
Usahakan baca istighfar sebanyak-banyaknya sampai anda tertidur lelap

10) Tidur sesuai dengan anjuran nabi.

Baca : Ketahui 6 Cara Tidur Sehat Seperti Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

Demikianlah artikel mengenai cara bangun tepat waktu. Semoga bermanfaat.

20 thoughts on “Cara Bangun Tepat Waktu Sesuai Dengan Syariat Islam

  1. wonk waras

    wah ini sebuah ilmu baru, saya kira hanya doa saja ketika bangun dari tidur adab seorang muslim. ternyata banyak ya, semoga saya bisa melaksanaknaya. dan memang hidup itu cuma ada dua belajar dan mengajar.

    Reply
  2. Endi

    Benar sekali, selain tidak tidur terlalu larut Azam atau tekad juga harus kuat ketika kita ingin bangun pagi, dan yang terpenting adalah memohon kepada Allah SWT

    Reply
  3. Hilma Sukma

    Iya.. Sebagai umat muslim harusnya kita selalu memohon perlindungan dari mulai bangun tidur sampai kepada tidur lagi. . Thanks sudah berkunjung.

    Reply
  4. Dani Ananto

    ternyata saya sebagai muslim sangat kurang paham dg adab tidur yg di ajarkan oleh nabi muhammad SAW, sampai2 doa setelah tidur saja tidak tahu.

    biasanya saya kalau bangun tidur hanya membaca alhamdulillah saja.

    namun, adanya artikel ini membuat saya lebih mengerti tentang adab setelah bangun tidur.

    semoga saya bisa mengamalkan doa ini setiap hari setelah bangun tidur.

    Reply
  5. Mas Usman

    Islam memang sangat memperhatikwn kesehatan jasmani dan rohani, contoh dengan dianjurkannya bangun pagi ini, karena memang jika kita terbangun dipagi hari (jam 3) maka tubuh kita akan sehat sebagaimana yang telah dicontohkan oleh rosullah SAW

    Subhanallah, ulasan yang sangat membantu bagi saya, selama ini kalau mau tidur paling baca istigfar sama ayat kursi aja, rupanya ini ada cara lain, tapi saya tertarik juga sama referensinya ulasan ini min kalau ada sama haditsnya yang sahih biar saya bisa mengamalkannya dengan bai.

    Reply
  6. aam agatha

    Jujur , kalo mau tidur saya hanya baca doa sebelum tidur sama fatehah. .kalo mau bangun malam atau tepat waktu atau mau nontonbola. . Saya cuma berdoa . "ya allah mau nonton pertandingan jam setengah2"..

    Tiba2 ada aja yang bangunin sesuai permintaan . .

    Reply
  7. wondo

    Semoga bisa bermanfaat bagi saya dan orang lain juga. Soalnya ini bisa kita jadikan kebiasaan agar bangun tepat waktu atau sesuai ajaran agama islam

    Reply
  8. Bagus Surochman

    Saya sebagai muslim merasa malu karena tidak menerapkan cara ini.. Yg sering saya lakukan sebelum tidur hanyalah berwudhu dan membaca doa sebelum tidur doank.. + set alarm di hp..

    Terimakasih atas informasi ini.. Untuk ke depannya jika ada kesempatan.. Saya akan belajar beberapa doa lagi. Semoga bisa.. Aamiin

    Reply
  9. Arif Hidayat

    Cara ini sangatlah bagus untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa lebih fokus dalam bangun tidur. Tetapi walaupun seseorang membaca doa ini, jangan sampai melupakan waktu tidurnya seperti begadang karena melakukan hal yang sia-sia. Jadi, dengan usaha dan ikhtiar melalui doa ini, mungkin waktu bangun tidur bisa lebih tertata

    Reply
  10. aditya riyan

    Saya merupakan orang yang paling susah untuk bangun tepat waktu. Sebagai seorang muslim, ternyata saya baru mengetahui jika terdapat syariat2 agar bisa bangun tepat waktu.

    Susah tidur merupakan masalah utama bagi saya agar bisa bangun tepat waktu. Apakah ada doa dan tata cara agar tidak susah tidur?

    Reply
  11. Ardiansyah Ahmad

    Intinya pada diri sendiri aja mau niat bangun apa enggak..terkadang ada saja yg pengen niat bangun pagi tapi malah malem nya begadang…yaa kan susah bangun tepat waktu…tidurlah sesuai anjuran nabi…itu yg paling pas buat kita kalo masih males baca doa nya…

    Reply
  12. Rafli Fahrezi

    Benar sekali mas.. Bila ingin bangun pagi maka kurangi dulu begadangnya, jangan pula ingin bangun pagi malah tidurnya malam banget. Makasih sudah berkunjung..

    Reply
  13. Rafli Fahrezi

    Solusinya baca cara diatas dan usahakan badan kita jangan sampai terlalu capek. Kalau badan capek maka otomatis tidur akan menjadi enak hingga larut kesiangan.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *