Bisnis Online Syariah – Informasi Bisnis, Jenis, dan Strategi Bisnis

By | November 12, 2018

Saat ini, bisnis memang sangatlah diminati oleh masyarakat. Apalagi dengan segala kemudahan dengan adanya sosial media dan berbagai teknologi yang ada, bisnis online sangatlah menjanjikan. Salah satu bisnis yang diminati adalah bisnis online syariah. Bisnis online syariah adalah kegiatan jual beli secara online atau menggunakan jaringan internet namun sesuai dengan ajaran Islam. Yuk simak ulasan mengenai cara berbisnis online dengan baik dan halal.

Apa itu Bisnis Syariah?

Bisnis online syariah merupakan segala yang berkaitan dengan kegiatan jual beli berlandaskan hukum syariah Islam. Bisnis Syariah dibatasi oleh cara mendapatkan keuntungan dan mengembangkannya dengan konsep halal dan haram. Jika halal, maka bisnis akan terus dijalankan namun jika haram maka harus ditinggalkan. Sehingga bukan keuntungan yang menjadi keutamaan namun keridhoan dari Allah yang menjadi keutamaan.

Ciri-ciri Bisnis Syariah :

1. Selalu berlandaskan pada nilai-nilai ruhiyah.
2. Memiliki pemahaman terhadap bisnis yang halal dan haram.
3. Mengimplementasi aturan secara syar’i.
4. Tidak hanya berorientasi pada dunia namun juga akhirat.

Jenis-jenis Bisnis Online Syariah

Dengan kemauan yang kuat, bisnis online syariah dapat dengan mudah diterapkan. Hal ini dapat dimulai dari produk yang halal, proses jual beli yang jujur, serta pengambilan keuntungan tanpa riba. Jenis bisnis online yang haram dan bertentangan dengan hukum Islam antara lain : bisnis online yang dijalankan dengan mengandung unsur riba, adanya unsur penipuan atau penawaran palsu, terdapat kegiatan suap menyuap, merugikan salah satu pihak baik penjual atau pembeli maupun affiliate-nya, mengandung unsur maksiat dan lain sebagainya.  Berikut adalah contoh bisnis online syariah yang bisa Anda coba :

1. Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak perlu melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Penjual akan memajang foto-foto barang dagangan supplier di website atau akun sosial media sebagai tempat berjualan.

Baca juga : Rahasia Sukses Bisnis Online Terbaru Booming Tanpa Modal

2. Bisnis Google Adsense

Google Adsense adalah program yang dapat diikuti oleh siapapun yang ingin memperoleh pendapatan dari intenet dengan cara menempatkan iklan Google Adsense pada situs atau blog.

3. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah model bisnis penjualan berbasis komisi. Sehingga, jika Anda berhasil menjual suatu barang atau jasa, Anda akan mendapatkan uang. Bisnis ini secara teknis mirip dengan sales “door to door” namun Anda dapat melakukannya secara online.

4. Menjadi Penulis Lepas online

Menekuni bisnis online tidak selalu harus mengikuti program binsis yang ada di internet, kita bisa juga membuat bisnis online kita sendiri misalnya dengan menjadi penuis lepas online. Dalam hal ini kita bisa membuka jasa penulisan artikel ataupun jasa update artikel di blog dengan sejumlah tarif tertentu. Menarik bukan? Yang terpenting kita harus melakukannya dengan kejujuaran dan trasparansi sehingga tidak ada yang dirugikan.

Strategi Bisnis Online Syariah

1. Membuat media pemasaran bisnis online

Hal ini bisa dimulai dengan membuat website atau berbagai akun sosial media. Sosial media tentulah sarana yang praktis dan mudah diterapkan.

2. Optimalkan Website dan Sosial Media

Gunakanlah SEO atau Search Engine Optimization untuk memaksimalkan website.

3. Promo atau Event
Promo atau event giveaway sangatlah menarik para calon pembeli jasa atau barang Anda. Hal ini juga dapat mendongkrak brand awareness yang dimiliki produk Anda.

Seperti itulah Bisnis Online Syariah bisa yang Anda coba dalam membangun bisnis baru. Tertarik mencoba? Semoga Sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *